oleh

Vaksinasi Dosis Kedua, Koarmada II Sasar Semua Lapisan Masyarakat

Citizen.co.id Surabaya – Koarmada II yang bermarkas di Kota Surabaya kian gencar melakukan serbuan vaksinasi dosis kedua. Kali ini, vaksinasi menyasar semua lapisan masyarakat.

“Percepatan vaksinasi dosis kedua ini sebagai bentuk totalitas untuk membantu pemerintah melawan Covid-19 dengan pencapaian target herd immunity rakyat Indonesia.


TNI Angkatan Laut gencar melaksanakan serbuan vaksinasi bagi semua lapisan masyarakat. Mulai dari masyarakat maritim di wilayah pesisir, masyarakat perkotaan, pekerja atau buruh pelabuhan dan kini para pekerja atau buruh pabrik,” kata Panglima Koarmada II, Laksda TNI Iwan Isnurwanto, Selasa (3/8/2021).

Untik serbuan vaksinasi kali ini, Koarmada II menyasar para pekerja pabrik dan juga masyarakat di wilayah Rungkut Surabaya. Kegiatan yang dimulai pada siang hari ini, Koarmada II telah menyiapkan 220 dosis vaksin Sinovac tahap kedua.


Untuk kelancaran pemberian vaksin, dilibatkan tenaga kesehatan dari RSAL dr.Idris P.Siregar serta Tim Diskes Koarmada II sebagai vaksinator. Pangkoarmada II pun meninjau langsung di lapangan kegiatan serbuan vaksinasi.

Selain Exit Tol, Ini Titik Penyekatan Jalan di Sidoarjo Selama PPKM

Sekretaris BAIS Ajak Warga Jatim Vaksin dan Tolak Hoaks

Ia berharap dengan dimulainya vaksinasi massal dosis kedua terhadap seluruh lapisan masyarakat di Surabaya, maka dapat segera mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. “Herd immunity ini sebagai bagian dari perlindungan tidak langsung dari paparan virus Covid-19. Karenanya Koarmada II dalam pekan ini telah menjadwalkan vaksinasi massal di sejumlah lokasi di wilayah Surabaya,” jelasnya.


Untuk pencapaian herd immunity yang ditargetkan Pemprov Jatim sebesar 70 persen pada bulan Agustus, dijadwalkan dalam pekan ini Koarmada II akan menggelar serbuan vaksinasi di sejumlah lokasi.

Selain Rungkut, rencananya kita akan laksanakan juga DBL Arena bersama Jawa Pos dan Pelindo 3 di Perak.


Waktunya berbeda, vaksinnya sama yakni Sinovac dosis kedua. Namun pihaknya juga tetap siapkan yang dosis pertama apabila ada masyarakat yang belum vaksin sama sekali ikut mendaftar.

Laksda Iwan menambahkan jika pemberian vaksin dosis kedua sudah mulai dilaksanakan juga oleh Lantamal dan Lanal dibawah jajaran Koarmada II.


“Selama ini Koarmada II sudah melaksanakan serbuan vaksinasi bagi masyarakat maritim yang berada di pulau-pulau terpencil dengan melibatkan kapal perang, seperti yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di beberapa pulau di wilayah kerja Koarmada II termasuk diantaranya Pulau Sapeken Sumenep dan Pulau Bawean Gresik,” katanya.

Ia menegaskan bahwa gencarnya serbuan vaksinasi yang dilakukan merupakan tindak lanjut terhadap perintah Pimpinan TNI AL yakni Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI AL tanpa terkecuali.


“Yang dilakukan TNI AL ini mengedepankan totalitas dalam membantu pemerintah pusat dan daerah menangani percepatan penanganan Covid-19. Selain itu untuk pencapaian target satu juta vaksin perhari. (cz/bel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed