TikTok Akan Perluas Buka Layanan Pesan Makanan, Renerbangan, dan Hotel di Indonesia dan Thailand

Jakarta - TikTok dilaporkan akan memperluas layanannya di Indonesia dan Thailand. Menurut South China Morning Post (SCMP), Jumat (12/07/2024), TikTok akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan voucer restoran, penerbangan, dan hotel melalui tautan di aplikasi media sosial tersebut.
Pemilik restoran dan pedagang akan diajak bergabung dengan platform media sosial "Layanan Lokal TikTok". Pengguna juga bisa memperoleh kupon untuk penerbangan dan hotel yang disediakan oleh penyedia layanan pihak ketiga.
Di Asia Tenggara, TikTok berencana bekerja sama dengan operator mapan untuk layanan lokal on-demand seperti pesan-antar makanan. Sementara itu, di situs rekrutmen resmi TikTok, terdapat hampir 30 lowongan terkait bisnis layanan lokalnya di Singapura, Jakarta, dan Bangkok.
TikTok menginformasikan bahwa operasi layanan lokal di Thailand dan Indonesia masih dalam tahap pengujian, sehingga baru sedikit pengguna yang dapat melihat penawaran layanan lokal dari pedagang di feed TikTok mereka.
Inisiatif terbaru TikTok di Asia Tenggara ini menunjukkan bagaimana induk perusahaannya, ByteDance, secara strategis memperluas aliran pendapatan platformnya. Di Indonesia sendiri, TikTok mengakuisisi Tokopedia senilai US$1,5 miliar.
Indonesia adalah salah satu pasar paling awal dan terbesar bagi ambisi e-commerce ByteDance. Namun, persaingannya sangat ketat dengan e-commerce milik SEA Group, Shopee, dan e-commerce milik Alibaba Group, Lazada.