Terduga Pelaku Pemerasan Ria Ricis Adalah Mantan Kenalan

Jun 12, 2024 - 10:48
Terduga Pelaku Pemerasan Ria Ricis Adalah Mantan Kenalan
Youtuber Ria Ricis

Jakarta - YouTuber Ria Ricis mengungkapkan bahwa ia mengenal AP, terduga pelaku pemerasan yang mengancam menyebarkan foto dan video pribadinya. Meskipun Ria Ricis tidak secara gamblang mengungkap identitas AP, ia mengaku terkejut bahwa mantan kenalannya itu menggunakan foto dan video pribadinya untuk memerasnya.

"Iya, aku kenal orangnya. Kami punya hubungan baik dulu," kata Ria Ricis melalui Instagram Stories pada Selasa (11/06/2024).

Ria Ricis juga mengaku tidak pernah mencurigai AP, meski penyidik telah memberikan ciri-ciri pelaku.

"Bahkan, dari awal aku nggak pernah notice nama dia waktu Polda sebutkan ciri-cirinya. Saking aku berpikir positif," lanjut Ricis.

Ia kemudian mengingat bahwa pada suatu kesempatan, ia pernah menyerahkan ponselnya kepada AP. Namun, ia tidak menyangka momen tersebut akan disalahgunakan oleh AP.

"Aku pernah kasih HP-ku ke dia. Dan ternyata jadi disalahgunakan. Untuk kalian semua orang baik, sehat-sehat kalian," ungkap Ria Ricis.

Video penangkapan AP di kawasan Cipayung, Jakarta Timur, ramai beredar di media sosial. Pengikut Ria Ricis banyak yang menyebut AP adalah mantan petugas keamanan di rumahnya. Namun, hingga kini belum ada klarifikasi resmi dari polisi atau Ria Ricis mengenai identitas AP.

Polisi menyebut AP saat ini tidak bekerja dan mengidentifikasi motif ekonomi di balik tindakannya. 

"Jadi sementara ini untuk motif tersangka AP dalam melakukan tindak pidana yang terjadi berupa pengancaman terhadap pelapor dalam hal ini korban sendiri itu sementara motifnya ekonomi," kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak.

AP diduga meretas ponsel Ria Ricis untuk mengambil informasi dan dokumen pribadi, yang kemudian digunakan untuk memerasnya sebesar Rp 300 juta. AP mengancam akan menyebarkan foto dan video pribadi Ria Ricis, termasuk foto saat tidak berhijab dan video saat gym menggunakan pakaian minim.

Saat ini, AP sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.