citizen.co.id

Tangani Wabah Covid-19 Gubernur Jatim, Bersama PWNU Bantu Ikhtiar Ketuk Pintu Langit

citizen.co.id Surabaya – Penyebaran virus corona disease di Jatim begitu dinamis. Jika Senin (23/3) kemarin jumlah orang yang terjangkit (positif) Covid-19 stagnan diangka 41 orang. Namun selang sehari, orang yang teridentifikasi positif Covid-19 bertambah 10 orang sehingga totalnya menjadi 51 orang.

Yang menarik, kendati Jatim pecah telor karena terdapat 2 orang positif Covid-19 meninggal dunia. Namun di sisi lain juga ada 5 orang positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam keterangan press update data penyebaran Covid-19 di Jatim menyatakan bahwa terkonfirmasi hari ini ada penambahan 10 orang yang positif Covid-19.

“Dari 10 itu, 5 ada di Magetan, 2 di Surabaya, 2 di Sidoarjo dan 1 di Kota Malang,” kata Gubernur Khofifah di gedung negara Grahadi Surabaya, Selasa (24/3/2020).

Sementara untuk status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga mengalami kenaikan naik dari 125 menjadi 142 orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) dari 1405 orang naik menjadi 2003 orang. “Ini hasil tracing sampai dengan jam 16.00 sore hari ini,” ungkap gubernur perempuan pertama di Jatim.

Lebih jauh Khofifah menjelaskan bahwa dari data tersebut juga diketahui ada 2 orang pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia, yakni seorang di Malang dan seorang di Surabaya.

“Dari 51 orang yang sudah terkonfirmasi positif ini, Alhamdulillah ada 5 yang sudah terkonfirmasi bahwa mereka sudah konversi negatif. Artinya mereka sudah sembuh,” ungkap Khofifah.

Kelima orang yang berhasil sembuh itu, lanjut Khofifah ada 1 dari Malang (RS Syaiful Anwar) dan 4 dari Surabaya (RS dr Soetomo). Satu diantara pasien yang terkonversi negatif di RS dr Soetomo Surabaya, dr Marcus juga memberikan penjelasan.

Baca juga :

Covid-19, Polres Sumenep: Obat kepanikan adalah Ilmu Pengatahuan

Polres Sumenep Bentuk Tim Jokotole “Cegah Virus Corona”

PC IPNU Sumenep: Pulau Gili Genting kaya akan potensi laut maka IPNU-IPPNU harus ambil peran

“Saya berterima kasih kepada gubernur Jatim dan jajarannya melalui satgas Covid-19 Jatim serta guru-guru saya dari departemen anastesi RS dr Soetomo dan tim pinere serta dirut RS dr Soetomo yang telah membantu dan merawat saya dengan luar biasa sehinggga bisa sembuh,” kata Marcus.

Besar harapan Marcus upaya yang akan dilakukan satgas Covid-19 segera terlaksana yaitu mengaktifkan RSUA dan RSJ Menur sebagai RS khusus untuk menangani pasien covid-19 di Surabaya dan segera dilakukan tes massal sehingga segera diketahui dan punya tangggungjawab lebih ketika diketahui positif dan tidak menularkan ke orang lain.

“UK Soetomo juga akan diperbaiki dan dilengkapi peralatan yang masih kurang karena kita harus siap menghadapi infeksi Covid-19. Kami juga berharap Pemprov menyediakan rumah singgah bagi tenaga medis dan paramedis yang menangani corona supaya tidak khawatir dengan keluarga,” tambah Marcus.

Gubernur Khofifah berharap masyarakat ikut mendoakan seluruh orang yang positif maupun terpapar supaya segera sembuh. Bahkan pihaknya mendapatkan support PWNU Jatim untuk menggelar doa melalui menyebar ijazah untuk dibaca oleh santri dan jamiyah nahdliyin di rumah masing-masing agar bisa mengetuk pintu langit.

“Ikhtiar secara medis dan ikhtiar secara kolektivitas kerelawanan sudah dilakukan, tapi ikhtiar yang bersifat spiritual juga akan dilakukan secara massif melalui santri-santri kiai NU yang ada dimana-mana,” terangnya.

Mengingat, sebaran virus corona sudah menyeluruh ke wilayah Jatim, Gubernur Khofifah bersyukur karena ada kekuatan baru bergabungnya 1826 relawan kesehatan dari mahasiswa kesehatan yang sudah bergabung dengan Satgas Covid-19 di Jatim.

“Kekuatan baru ini akan melakukan pola edukatif dan promotif sesuai dengan kemampuan yang dimiliki seperti membikin animasi, karikatur dan membantu publik data,” pungkas Khofifah. (cz/tis)

 438 total views,  1 views today

2 thoughts on “Tangani Wabah Covid-19 Gubernur Jatim, Bersama PWNU Bantu Ikhtiar Ketuk Pintu Langit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *