citizen.co.id

Sepakat Jogo Jatim, Delapan Suporter Deklarasi Damai

citizen.co.id Surabaya – Sepakat Jogo Jatim, Delapan klub sepakbola akan bertanding di Piala Gubernur Jatim 2020 deklarasi damai, mulai Senin (10/2/2020). Semua suporter dari delapan klub itu menggelar deklarasi damai di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Minggu (9/2/2020).


Delapan klub atau tim itu adalah Persebaya Surabaya, Persela Lamongan, Arema FC, Persik Kediri, Bhayangkara FC, Madura United, Persija Jakarta dan Sabah FA Malaysia.

Deklarasi damai itu digelar untuk mencegah aksi kerusuhan para suporter. Selain para suporter, deklarasi juga dihadiri Ketua Umum PSSI Komjen Pol Mochammad Iriawan atau Iwan Bule, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, perwakilan Polda Jatim dan polres jajaran, PSSI Jatim serta perwakilan manajemen klub peserta.

“Loyalitas dan konstruktif itu harus terbangun antar suporter dan kesebelasan. Ini adalah pekerjaan rumah kita pada hari ini,” ungkap Gubernur Khofifah dalam sambutannya.

Baca juga :

PSSI Kabupaten Bekasi Tutup Kejuaraan Sepakbola Usia Dini

Lorenzo Bahagia, Yamaha Senang

Tiga Nama Menguat, Calon Manajer Persiku Kudus

“Saya siap mengaktifkan kembali Piala Gubernur Jatim setelah lima tahun vakum. Karena industri sepakbola berkembang pesat sehingga tidak bisa dipandang sebelah mata,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Gubernur Khofifah juga berharap atmosfir kemesraan antar suporter bisa terwujud. Salah satunya mereplika format islah atau damai.


“Saya ingin format islah bisa direplika suporter Jatim. Saya ingin para suporter memenej grup-grupnya,” harapnya

Sementara Iwan Bule mengucapkan terimakasihnya kepada Gubernur Khofifah yang telah menjadi promotor Piala Gubernur Jatim 2020. Diharapkan, kesempatan deklarasi damai antar suporter bisa terwujud melalui badan suporter yang tengah disiapkan.

Dari catatan PSSI, lanjut Iwan, Jatim paling aktif dalam pembinaan sepakbola. Pertemuan pemerintah dengan suporter tersebut menjadi momen istimewa. Terlebih, Jatim termasuk yang terbanyak masuk Liga I di antara provinsi lain.

“Tidak ada provinsi yang menyelenggarakan Gubernur Cup selain Jatim,” tegas Iwan.

Iwan menambahkan, PSSI nantinya akan membentuk Divisi Pemberdayaan Suporter dan Fans Club. Tujuannya agar terarah dan menghindari pandangan anarkisme di mata internasional. Jatim digadang menjadi pioner sebagai gudang suporter sepakbola.

“Mudah-mudahan Jatim menjadi pelopor untuk suporter tertib di Indonesia,” pungkasnya.(cz/jos/bel)


1,211 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

2 thoughts on “Sepakat Jogo Jatim, Delapan Suporter Deklarasi Damai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *