oleh

Reshuffle kabinet: Presiden Jokowi Bakal Lantik Menteri dan Pejabat Sore ini

-NASIONAL-0 views

citizen.co.id Jakarta – Reshuffle kabinet atau perombakan menteri sepertinya kian terang benderang. Jadwalnya, hari ini, Rabu (28/4/2021) sore, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melantik empat orang pejabat negara di Istana Negara, Jakarta.


“Iya, (pelantikan pejabat negara),” ujar sumber di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, kepada jurnalis.

Gelar Sholat Ghaib Kodim 0812 Lamongan Doakan korban awak KRI Nanggala 402

DPD GAMKI Jatim Gelar Syukuran Dies Natalis ke-59 sekaligus Konsolidasi DPC GAMKI di Kabupaten Kediri

Sumber tadi menyebutkan hanya empat orang saja yang dilantik, tidak ada tambahan.


Jika tak ada aral, keempat orang pejabat negara yang akan dilantik yakni; Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko, serta seorang Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Indriyanto Seno Adjie.

Sebelumnya, melalui Rapat Paripurna DPR RI, pada 9 April 2021 lalu, menyetujui pembentukan kementerian baru, yaitu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta Kementerian Investasi.


Pembentukan dua kementerian itu sesuai dengan hasil keputusan Badan Musyawarah (Bamus) yang membahas Surat Presiden Jokowi Nomor R-14/Pres/03/2021, perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian pada 8 April 2021.

Persetujuan wakil rakyat tersebut sesuai dengan ketentuan pada UU Nomor 39 Tahun 2019 tentang Kementerian Negara yang mengatur bahwa pengubahan sebagai akibat pemisahan atau penggabungan kementerian dilakukan dengan pertimbangan DPR.(cz/bel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed