oleh

Politisi PDIP Jatim Berbagi Tips Agar Koperasi Tetap Hidup Ditengah Pandemi Covid-19

Citizen.co.id Malang – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim Sri Untari Bisowarno berbagi tips agar koperasi di Jatim tetap hidup di tengah pandemi Covid-19. Wanita yang juga ketua umum Dekopin (Dewan Koperasi Indonesia) itu mengatakan sebuah koperasi untuk tetap hidup di tengah pandemi tidak bisa secara instans, namun harus berproses bersama waktu.


“Artinya bahwa sebuah koperasi harus merujuk pada jati diri koperasi. Yang kedua harus kooperatif good government,” jelas Sri Untari saat dikonfirmasi usai melakukan reses bersama koperasi Setia Budi Wanita (SBW) Kabupaten Malang, Rabu (5/5/2021).

Ratusan Personel Gabungan Disiagakan Jaga Pos Penyekatan Kota Surabaya

Kemhan RI Segera Membuka Pendaftaran Komponen Cadangan Pertahanan

Menurut sekretaris DPD PDI P Jatim ini, sebuah koperasi harus dimiliki oleh anggotanya. Sebaliknya jangan jadikan anggota sebagai nasabah. Anggota itu pemilik koperasi. Selama ini banyak koperasi yang memberlakukan anggota sebagai nasabah sehingga bukan sebagai pemiliknya.


“Bahkan, banyak dijumpai kalau koperasi digugat oleh anggotanya urusan simpanan. Jika diberlakukan sebagai pemilik, maka anggotanya merasa saat koperasi sedang susah ikut susah dan senang ikut senang,” beber doktor lulusan Unibraw Malang ini.

Dicontohkan Untari saat pengelolaan koperasi SBW di Malang. Saat pandemi, koperasi tak mengeluarkan pinjaman. Anggota koperasi memahami tentang kondisi koperasi saat pandemi. Manajemen memberikan pemahaman kondisi keuangan koperasi saat pandemi.


“Seluruh anggota koperasi SBW tetap melakukan pengembalian hutang ke koperasi, tak ada wanprestasi. Sistem gotong royong benar-benar diberlakukan di koperasi SBW,” kata perempuan berjilbab ini.

Dengan menekankan kepada anggota koperasi sebagai pemiliknya, maka pengurus juga berusaha semaksimal mungkin menumbuhkan kepercayaan yang tinggi kepada anggotanya dalam pengelolaan keuangan sebuah koperasi.(cz/bel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed