Polda Metro Jaya Tangkap 15 Tersangka Sindikat Mafia Tanah

citizen.co.id Jakarta – Tim Satgas Mafia Tanah Polda Metro Jaya bersama dengan Kementerian ATR/BPN berhasil mengamankan puluhan tersangka yang terlibat dalam kasus pemindahan hak tanah mafia tanah yang menimpa ibunda dari Dino Patti Djalal (Jurni Hasyim Jalal).

“Sejauh ini, terkait dengan kasus mafia tanah kami sudah mendapatkan tiga laporan, dan telah mengamankan 15 orang tersangka masing – masing 5 orang untuk satu laporan,” ungkap Kapolda Metro Jaya (Irjen. Pol. Dr. Drs. H. Muhammad Fadil Imran, M.Si).

Polisi Ringkus Tiga Tersangka Warga Binaan Lapas Kasus Mafia Tanah

Pemerintah Perpanjang Kebijakan PPKM Mikro Hingga 8 Maret 2021

Ia menjelaskan, 15 orang tersangka itu memiliki peran masing – masing dalam melancarkan aksinya.

“Dalam melakukan aksinya, kelompok mafia tanah ini berbagi peran. Ada yang berperan sebagai aktor intelektual, yang menyediakan sarana dan prasarana. Ada juga yang bertindak sebagai figur yakni orang yang mengaku sebagai pemilik tanah atau rumah, serta staf PPAT,” sambungnya.

Dir Reskrimum Polda Metro Jaya (Kombes. Pol. Tubagus Ade Hidayat, S.I.K) menjelaskan, berhasilnya aksi pemindahan hak tanah ini karena adanya bujuk rayu dari para tersangka.

Kapolda Jatim Didampingi Gubernur dan Pangdam V Brawijaya Jalani Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua di Grahadi

Pemprov Jatim Niat Latih UMKM Maksimalkan Teknologi

“Karena adanya bujuk rayu dari tersangka lalu ada pemalsuan identitas yaitu KTP dan KK, serta pemalsuan figur dengan melahirkan orang yang mirip dengan korban, maka pemindahan hak tanah ini bisa berjalan,” jelasnya.

Atas aksinya tersebut, para tersangka akan dijerat dengan Pasal berlapis yakni 263, Pasal 266, Pasal 378 KUHPidana.(cz/fan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*