oleh

PMI Kerahkan Personil Bantu Evakuasi, 3 warga Sukabumi Tertimbun Longsor

-DAERAH-0 views

Citizen.co.id Sukabumi – Tiga warga Kampung Awillega, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dikabarkan tertimbun longsor pada Sabtu, 1 Mei 2021. Satu di antara korban merupakan anak berusia lima tahun dan meninggal dunia


“Merespon kejadian tersebut PMI Kabupaten Sukabumi telah menerjunkan personilnya membantu proses evakuasi bersama petugas gabungan lainnya di lokasi kejadian,”ujar dikdik Maulana Suparman, Staf Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Sukabumi, minggu (2/4)

Sandiaga Apresiasi Pameran Sneakers Brand Lokal dr. Tirta

Mayday di Banten Aman dan Kondusif, Kapolda Banten Ucapkan Terimakasih

Menurut dikdik, Sejak tadi malam Relawan PMI sudah berada dilokasi bersama petugas gabungan melakukan koordinasi serta asesmen awal dan merencakan rencana operasi.


“Hingga saat ini Tim PMI bersama pertugas BPBD Kabupaten Sukabumi, TNI, Polri, sukarelawan gabungan, dan dibantu warga sekitar tengah melakukan pembersihan sisa puing-puing bangunan karena sudah tidak layak untuk dihuni dan berpotensi longsor susulan,” kata dikdik

Menurutnya, dalam penanganan longsor ini PMI menurunkan pengurus, dua staf dan lima relawannya untuk membantu evakuasi korban dan barang, selain itu menyiagakan satu unit kendaraan rescue dan perlengkapan pertolongan pertama.


Dikdik menjelaskan, berdasarkan informasi yang dihimpun kejadian longsor tersebut begitu cepat dan tidak ada tanda-tanda akan terjadi longsor, mengakibatkan tiga penghuni rumah tidak berhasil menyelamatkan diri dan tertimbun material tanah. Dua korban berhasil diselamatkan, namun nyawa anak berusia lima tahun tidak bisa diselamatkan karena tertimbun material tanah.

“Ada tiga warga yang menjadi korban bencana tanah longsor yang terjadi di RT 03, RW08, Desa Ginanjar, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi. Akibat kejadian tersebut satu korban meninggal dan dua lainnya mengalami luka-luka dan harus dilarikan ke rumah sakit,” katanya.


Informasi yang dihimpun, ketiga warga tersebut berinisial AB (5) yang merupakan korban meninggal, sementara M (40) mengalami luka ringan dan A (35) mengalami luka berat dan hingga saat ini masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Berdasarkan pantauan d ilapangan, bencana longsor tebing tanah ini diperkirakan setinggi 100 meter dengan panjang 30 meter, diduga akibat resapan air, karena di atas tebing tersebut merupakan area persawahan. Akibatnya tebing longsor dan menimpa tiga rumah.(cz/bel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed