oleh

Peserta Ngaji Tani V LPPNU Membludak

Citizen.co.id Kediri – Sabtu, bertepatan dengan tanggal merah 25 Januari 2020. Bertempat di Kencong kecamatan Kepung Kediri diadakan Ngaji Tani Kelima dengan Tema “Menyongsong Kebangkitan, Kejayaan dan Kemandirian Pertanian Nusantara Masa Kini, di Era Industri 4.0” sengaja di pilih untuk memberi bekal para petani nahdiyin.

Acara di buka oleh ketua PC NU Kab Kediri Gus Makmun. “NU harus mandiri, petani NU bisa mandiri, selain bernilai ibadah bertani juga bisa kaya.” ungkap Gus Makmun. ” kita bersama sama, sukses bareng”tambahnya.

Baca juga :

Indonesia-Hungaria Jajaki Kerja Sama Teknologi Nirsentuh pada Gerbang Tol

Dinas Pertanian Jatim, Pastikan Stok Jagung Masih Aman

Ngaji tani kelima ini agak beda, biasanya membahas topik hanya satu. Seperti ngajibtani 4 kemerin hanya membahas kurma. Kali ini selain untuk evaluasi, selama hampr dua tahun LPPNU sudah berkontribusi nyata kepada NU.

Acara berjalan lancar. Antusiame peserta sangat tinggi. Walaupun suasana “agak sumuk” karena tempat yang terbatas.

Peserta semangatnya luar biasa. Ini bisa dilihat dari tidakbergesernya peserta dari tempat duduk. Mulai awal acara hingga akhir pukul 13.30. Panitia awalnya menyediakan 200 tempat duduk. Berhubung yang hadir 280 orang dengan senang hati kursi ditambah. Walaupun masih ada beberapa yang terpaksa duduk di karpet merah. “Membludak Mas ” kata H Slamet Widodo, panitia dari LPPNU Kab Kediri.

Hadir sebagai Narasumber, Gus Yani dari Pengurus Wilayah LPPNU Jawa Timur, Pak Mariadi Nur seorang pengusaha muda NU dengan perusahaanya Adi Jaya Nganjuk, Ir Suryo dari pengawas Benih area Kediri serta seorang pelaku bisnis tanaman buah Drs Priyanto. “Kami baru punya 1000 an batang buah Duren, sebagian besar sudah berbuah. alhamdulilah tanaman beberapa tahun lalu, kini terasa hasilnya.” ungkap pak Priyanto, mantan Lurah Kanyoran, kec Semen Kab Kediri tersebut.

Closing Ceremony, oleh Gus Ab ketua PCNU Kota Kediri. Beliau sangan apresiatif dan bangga kepada LPPNU baik Kab maupun Kota Kediri. Sudah bisa mengadakan Kegiatan NgajibTani Bersama dan berkesinambungan. Mulai Ngaji Tani 1 hingga 4 beliau selalu hadir. “pembukaan pertama dulu di Ngadiluwih, kemudian di Ponpes Salafiyah Bandar, Ketiga di Halaman BI Kediri, keempat di Ponpes Pari Ulu dengan Kurmanya dan yang kelima sekarang” ungkap Gus Ab.

Ditambahkan oleh Zainal Arifin Ketua PC LPPNU Kota Kediri, “Kita juga memberikan Bingkisan Sembako kepada 5 orang Duafa. Satu paket berisi sembako senilai 200 ribu rupiah.” Bungkus paketnya ada tulisan “Semoga Manfaat dan Barokah, Doakan Semoga Kegiatan Seperti Ini Bisa Berlangsung Terus dan Semakin Berkembang”.

Kegiatan kali ini juga sangat istimewa. Romo Kyai Mustain Anshori kerso mendampingi acara mulai awal hingga akhir. Sekedar informasi Kyai Mustain adalah seorang pakar Tafsir Ayat – Ayat Pertanian. Kosnsultan utama LPPNU Kab dan Kota Kediri. Yang berhasil membuahkan kurma di kediri.

Baca Juga :

Atasi Masalah Pertanian PW LPPNU Jatim dorong kontrak kerja pertanian milyaran rupiah

Memenuhi Kebutuhan Pasar PW LPPNU Jatim MoU dengan CV. adi dan PT Ayotani

H Kamaluddin sebagai shohibil bait, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung acara ini. “Trimakasih semuanya, semoga segera ada lagi acara seperti ini, apalagu bisa diadakan di sawah, atau tempat lokasi bibit” Kata Pak Kamal.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis pemberian Fee sebesar 16.150.000 (enam belas juta seratus limapuluh ribu rupiah). Dari MT Kerja kepada NU, yang dikelola oleh LPPNU Kab/Kota Kediri. Fee tersebut diberikan atas kerjasama selama tahun 2019.


“Trimakasih Pak H Kamal, atas kerjasamanya. Lemah Teles, Gusti Alloh Sing Mbales.”Samsul Huda, panitia Mendoakan.

Tidak hanya dari kediri saja, PC LPPNU, Babat lamongan, Jombang, Malang, Blitar Nganjuk, dan PC Treanggalek juga hadir. Walaupun Trenggalek hadir di akhir acara, namun malah bersyukur karena bisa ikut ke kebun Kurma. Bahkan ada peserta yang sengaja datang jauh – jauh dari Surabaya untuk mengikuti Acara Ngaji Tani Kelima kali ini, 7 orang.

Acara selesai, alhamdulilah kunsumsinya cukup. Didampingi panitia, Ketua PW LPPNU Jatim, meninjau lokasi Litbangnya LPPNU Kediri di Kampus Ponpes Pari Ulu Gurah. Tempat penelitian Kurma Nusantara.(cz/jos/Pujiono)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed