oleh

Peringati Hari Musik Sedunia, Keraton Yogyakarta Luncurkan Royal Orchestra dan Rilis Album Gendhing Soran

citizen.co.id Yogyakarta – Tanggal 21 Juni diperingati sebagai Hari Musik Sedunia (World Music Day/La Fête de la Musique) untuk menghormati musisi di seluruh dunia. KHP Kridhomardowo, divisi seni pertunjukan di Keraton Yogyakarta memanfaatkan momentum baik ini untuk meluncurkan Royal Orchestra di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.


Agenda ini sekaligus merilis Album Gendhing Soran Volume 1 pada gelaran Uyon-Uyon Hadiluhung yang digelar setiap Senin Pon-malam Selasa Wage setiap bulannya. Adapun peluncuran Royal Orchestra ini didukung oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY.

Khofifah Maju Sebagai Calon Ketum IKA Unair Periode 2021-2025

Anggota DPRD Jatim Dapil Madura Bagikan Vitamin dan Berikan Edukasi Covid 19 ke Masyarakat Bangkalan

“Hari Musik Sedunia yang diperingati pada tanggal 21 Juni, ternyata tahun ini bersamaan dengan hari Senin Pon-malam Selasa Wage dimana biasanya kami, KHP Kridhomardowo, menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung untuk memperingati Wiyosan Dalem atau hari kelahiran Ngarsa Dalem. Sebuah kebetulan yang sangat indah dan sayang kalau tidak dimanfaatkan sekaligus untuk menghadirkan hal-hal yang istimewa, yang sudah kami impikan dan kami rencanakan sejak lama, yaitu Royal Orchestra dan Album Gendhing Soran Volume 1,” ujar KPH Notonegoro selaku Penghageng Kawedanan Hageng Punokawan Kridhomardowo.


Adapun Royal Orchestra akan diluncurkan secara resmi dengan mengadakan pementasan perdana tepat di Hari Musik Dunia yaitu Senin, 21 Juni 2021 pukul 19.00 WIB di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran. Pementasan perdana Royal Orchestra ini akan menampilkan 5 repertoar musik klasik dengan formasi orkestra lengkap. Diantaranya adalah The Barber of Seville – Overture (Gioacchino Rossini, 1792-1868); Carmen Suite No. 1 – No. 2 Intermezzo – Prelude to Act III (Georges Bizet); Aida – An Opera In Four Acts (Verdi); An der schonen blauen Donau (Johann Straus, op.314); dan Hungarian Dance No. 5 (Johannes Brahms).

Terkait situasi pandemi, pementasan perdana sekaligus peluncuran Royal Orchestra akan digelar secara tertutup. Agenda ini hanya akan dihadiri Sri Sultan Hamengku Buwono X dan beberapa tamu undangan terbatas, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Masyarakat umum dapat menyaksikan pementasan ini secara live streaming mulai pukul 19.00 WIB melalui kanal Youtube Kraton Jogja, yang juga akan di-relay oleh kanal Youtube tasteofjogja disbud diy.


“Hari Musik Sedunia kali ini bertepatan pula dengan gelaran Uyon-Uyon Hadiluhung setiap Senin Pon-malam Selasa Wage. Biasanya, dalam gelaran Uyon-Uyon Hadiluhung selalu menghadirkan rangkaian gendhing dan satu penampilan beksan (tarian). Pada Senin, 21 Juni 2021 esok Uyon-Uyon Hadiluhung akan dikemas spesial untuk merayakan peluncuran Album Gendhing Soran Volume 1,“ ujar KPH Notonegero. (pr/dea)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed