oleh

Muncul Varian Baru Covid-19, MPR Ajak Masyarakat Disiplin Prokes

Citizen.co.id Jakarta – Ketua MPR Bambang Soesatyo mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan dan patuh dalam menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya mewaspadai varian baru Covid-19 yang ditemukan di Afrika Selatan dan sejumlah negara.

“Mengingat varian ini cara mengatasinya dengan tertib menggunakan masker, menjauhi kerumunan serta menjaga jarak,” ujar pria yang akrab disapa Bamsoet ini, Jumat (3/9).


Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mempercepat program vaksinasi Covid-19 nasional dengan sistem door to door sebagai upaya jemput bola untuk mempercepat cakupan.

“Mengingat, vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu cara intervensi diri dalam mencegah tertular serta mencegah timbulnya gejala berat akibat varian Delta ini,” katanya.

Presiden Joko Widodo Sambut Baik Peluncuran IUAE-CEPA

Vaksinasi Pelajar, Gubernur Khofifah Minta Prioritaskan untuk Siswa Kelas XII SMK

Meminta Kemenkes bersama Satgas Penanganan Covid-19 untuk mengajak dan terus menggaungkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dalam setiap kegiatan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.


“Di samping itu tetap menegur hingga memberikan sanksi kepada para pelanggar protokol kesehatan,” ungkapnya.

Diketahui, ilmuwan Afrika Selatan mendeteksi varian baru virus korona yang dikenal dengan C.1.2. Varian C.1.2 ini setidaknya sudah menyebar di penjuru Afrika Selatan serta tujuh negara di Afrika, Asia, Eropa, dan Oseania.


Sejauh ini, dikutip Reuters, data pengurutan genom dari Afrika Selatan menunjukkan varian C.12 masih jauh untuk menggantikan varian Delta yang dinilai masih menjadi yang paling menular dan berbahaya.(cz/bel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed