Menkes Budi Gunadi Sadikin Tanggapi Pencopotan Dekan FK Unair

Jul 9, 2024 - 00:41
Menkes Budi Gunadi Sadikin Tanggapi Pencopotan Dekan FK Unair
Dekan FK Unair Budi Santoso

Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menanggapi pemecatan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Prof Dr dr Budi Santoso, SpOG (K) FER. Pencopotan ini terkait penolakannya terhadap rencana Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendatangkan dokter asing ke Indonesia. Budi menegaskan bahwa dirinya tidak mempermasalahkan komentar dari Budi Santoso.

"Kita juga tidak tahu pertimbangannya apa, mengapa diberhentikan saya juga tidak ada komunikasi sama rektor terus terang saya sendiri nggak terlalu masalah juga dengan komentar beliau ya, karena lebih banyak komentar jelek mengenai saya, saya sudah terima gitu ya wartawan juga pasti dengar. Buat saya pribadi nggak ada masalah," ujar Budi kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (08/07/2024).

Budi menjelaskan bahwa ia tidak mengetahui alasan pencopotan Budi Santoso dari posisi Dekan FK Unair dan menegaskan bahwa keputusan tersebut adalah wewenang rektor.

"Saya kalau mengenai pemberhentian Dekan FK itu wewenangnya rektor, nggak ada wewenangnya Kemenkes bisa sampai ke sana," katanya.

Budi juga menjelaskan bahwa kehadiran dokter asing di Indonesia diperbolehkan oleh undang-undang, sehingga seharusnya tidak menjadi isu yang diperdebatkan.

"Cuman mengenai dokter asing, itu di UU udah selesai, sudah diperbolehkan. Jadi harusnya ya diskusi itu udah nggak ada lagi karena secara hukum formal rakyat Indonesia baik wakil-wakil rakyat ataupun pemerintah sudah setuju," jelasnya.

Prof Dr dr Budi Santoso, SpOG (K), dicopot dari jabatannya sebagai Dekan FK Unair per Rabu (03/07/2024) setelah menolak rencana Kemenkes mendatangkan dokter asing. Universitas Airlangga membenarkan pencopotan tersebut sebagai bagian dari kebijakan internal untuk penguatan kelembagaan.

"Terkait beredarnya pemberitaan tentang pemberhentian Dekan FK Unair di beberapa media sosial, dengan ini kami humas Universitas Airlangga menyatakan bahwa pemberitaan tersebut benar adanya," ujar Ketua Pusat Komunikasi dan Informasi Publik (PKIP) Unair, dr Martha Kurnia Kusumawardani, SpKFR (K), dalam keterangan yang dilansir detikJatim, Kamis (04/07/2024).

Martha menyatakan bahwa pencopotan ini adalah kebijakan internal untuk meningkatkan tata kelola dan penguatan kelembagaan di lingkungan FK Unair. 

"Kami menghaturkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Prof Dr dr Budi Santoso, SpOG (K), atas semua pengabdian dan jasa-jasanya selama memangku jabatan tersebut," ujar Martha.

Prof Budi sendiri membenarkan pencopotannya dari jabatan Dekan FK Unair, menyatakan bahwa hal tersebut adalah akibat dari penolakannya terhadap rencana Kemenkes.

"Iya benar (dihentikan dari jabatan Dekan FK Unair)," kata Prof Budi.

Prof Budi mengatakan bahwa pada Senin (01/07/2024), ia dipanggil oleh Rektor Unair, Prof Nasih, setelah ia menyatakan ketidaksetujuannya dengan rencana Menkes mendatangkan dokter asing ke Indonesia.