Marteen Paes Belum Bisa Bermain Untuk Timnas, Erick Thohir: Tidak Semua Negara Ingin Indonesia Maju

Jun 24, 2024 - 10:33
Marteen Paes Belum Bisa Bermain Untuk Timnas, Erick Thohir: Tidak Semua Negara Ingin Indonesia Maju
Kiper FC Dallas Marteen Paes tidak bisa dengan mudah bermain untuk timnas Indonesia

Jakarta - Penjaga gawang FC Dallas, Maarten Paes tidak bisa dengan mudah membela tim nasional Indonesia walaupun sudah diikat sumpah menjadi WNI pada 20 April lalu.

Hal itu dikarenakan Kiper keturunan Pare, Kediri tersebut pernah membela timnas U-21 Belanda di kualifikasi Euro U-21 saat berusia 22 tahun, sehingga federasi yakni PSSI harus mengkonfirmasi ulang ke FIFA terlebih dahulu tentang peluang Marteen Paes bermain untuk timnas Indonesia.

“Untuk Maarten Paes, kita masih terus berusaha untuk menarik dia menjadi pemain kita dan sudah mengangkat sumpah (menjadi WNI),” kata Erick Thohir Ketua PSSI.

PSSI juga dikabarkan harus mengurus proses ini ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) sehingga, akan ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum Paes bisa membela Indonesia. 

“Proses administrasi di FIFA nya masih berjalan panjang,” ujar Erick Thohir.

Terkait proses panjang yang harus dilalui, Erick Thohir mengisyaratkan ada upaya dari beberapa pihak yang tidak ingin Marteen Paes bermain untuk Indonesia.

“Tapi, proses administrasinya di FIFA-nya masih berjalan panjang karena tentu ada tantangan-tantangan. Saya rasa tidak semua negara ingin Indonesia maju,” ungkap Erick.