Kritik Mardani Ali Sera: Nama Program Pemerintah Nyeleneh dan Tidak Etis

Jul 8, 2024 - 12:05
Kritik Mardani Ali Sera: Nama Program Pemerintah Nyeleneh dan Tidak Etis
Mardani Ali Sera Anggota DPR RI Komisi II

Jakarta - Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PKS, Mardani Ali Sera, mengkritik sejumlah nama program pemerintah yang menggunakan akronim nyeleneh dan berbau seksualitas. Dia menyebut nama-nama program ini merendahkan etika.

"Pertama ini menyedihkan. Mestinya semua punya standar tinggi jaga etika. Penyebutan mungkin untuk memudahkan. Tapi tidak bisa ditolelir karena merendahkan etika," kata Mardani kepada wartawan, Minggu (07/07/2024).

Mardani meminta agar nama-nama program seperti Sipepek segera diganti. Dia juga mengajak masyarakat untuk melaporkan program-program dengan penamaan yang nyeleneh dan berbau seksualitas.

"Kedua, segera diubah dan disesuaikan dengan kaidah ilmiah. Ketiga, ayo kita laporkan kalau masih ada singkatan yang buruk seperti ini," ucapnya.

Program-Program dengan Akronim Nyeleneh

Beberapa program pemerintah menggunakan akronim yang dinilai nyeleneh, baik dari pemerintah daerah maupun kementerian. Contohnya, program SiPEPEK dari Kabupaten Cirebon, yang merupakan akronim dari Sistem Informasi Administrasi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial.

Selain itu, ada program SISKA KU INTIP, kependekan dari Sistem Integrasi Kelapa Sawit Sapi Berbasis Kemitraan Usaha Inti-Plasma, yang pernah diluncurkan Pemprov Kalimantan Selatan pada tahun 2023.

Berikut beberapa nama program dengan akronim nyeleneh yang ditemukan di situs resmi masing-masing daerah dan kementerian:

1. SiPEPEK: Sistem Informasi Administrasi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Cirebon.

2. SITHOLE: Sistem Informasi Konsultasi Online di Pengadilan Negeri Semarang.

3. SISKA KU INTIP: Sistem Integrasi Kelapa Sawit Sapi Berbasis Kemitraan Usaha Inti-Plasma di Provinsi Kalimantan Selatan.

4. SIMONTOK: Sistem monitoring stok dan kebutuhan pangan pokok di Kota Surakarta.

5. Sisemok: Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan di Kabupaten Pemalang.

6. SICANTIK: Sistem Pencatatan Kehadiran & Kinerja di Kabupaten Bogor.

7. Siganteng: Sistem Informasi Ketenagalistrikan Jawa Tengah di Provinsi Jawa Tengah.

8. Sipedo: Sistem Pelatihan Berbasis Data Online di Kabupaten Sumedang.

9. Mas Dedi Memang Jantan: Masyarakat berdedikasi memperhatikan angkatan kerja rentan di Kota Tegal.

10. i-Pubers: Penyaluran pupuk bersubsidi oleh Kementan.

Mardani menegaskan pentingnya mengganti nama-nama program ini dengan yang lebih sesuai dan bermartabat, serta menghimbau masyarakat untuk aktif melaporkan program-program yang menggunakan akronim tidak pantas.