citizen.co.id

Harlah IPNU 66, Rapatkan Barisan Menuju SDM Unggul

Harlah IPNU 66, Rapatkan Barisan Menuju SDM Unggul

Oleh; Mahrus Ali

citizen.co.id Ruang Publik – Awal sejarah berdirinya Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama tepatnya pada tanggal 24 Februari 1954 dilatar belakangi berbagai persoalan sehingga muncul gagasan mendirikan organisasi keterpelajaran dibawah naungan NU. Latar belakang berdirinya IPNU salah satunya karena ideologi dan sosial serta pendidikan

Dicetuskan oleh berapa inisiator salah satunya M Tolha Mansur (Ahli Hukum Tata negara) merupakan ketua Umum pertama yang temani oleh berapa orang sehingga pada Konferensi Besar (Konbes) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU di Surabaya pada tanggal 24 Februari 1954.


Berbagai persoalan yang titik fokus IPNU bagaimana menjadi garda awal dalam pengkaderan di lingkungan NU khususnya ditatanan pelajar mendoktrin mereka dengan pemahaman islam yang moderat. Oleh sebab itu, penting kiranya di Harlah IPNU ke 66 menciptakan generasi yang unggul melalui pengkaderan yang orientasinya adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan yang berakhlak.


Melihat perkembangan zaman yang bagitu pesat tentu menjadi perhatian khusus sebagai generasi milenial yang hidup dalam arus teknologi maka tantangan IPNU dari masa kemasa mengalami peningkatan dan membutuhkan grand desain yang mengikuti jaman.

Seperti mengutip pepatah Arab artinya “Pemuda adalah harapan bangsa” Maka bagaimana IPNU menciptakan menjadi harapan bangsa yang tidak menafikan arus globalisasi. Dan terpenting menciptakan pelajar yang berakhlaq yang punya sopan santun bukan justru jadi kaum elit tetapi jauh dari masyarakat.

IPNU sudah memasuki prioade yang sudah matang dan saatnya mempersiapkan diri dengan menyatukan shof demi tegakknya ahlusunnah waljamaah.

Maraknya paham radikalisme di kalangan pelajar bukan sekedar isapan jempol belaka seperti sayap Hisbu Tahrir Indonesia (HTI) melalui organisasi sekolah maka inilah fungsi utama IPNU untuk menjaga identitas kebangsaan dan ajaran Islam yang moderat yang toleran, bukan mengkafirkan.(cz/jos/rus)


 1,200 total views,  1 views today

One thought on “Harlah IPNU 66, Rapatkan Barisan Menuju SDM Unggul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *