oleh

Disparbud akan Ekskavasi Objek Diduga Cagar Budaya di Kebun Sengon Pasuruan

citizen.co.id Pasuruan – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan menyiapkan anggaran untuk mengekskavasi objek diduga cagar budaya. Anggaran Rp 48,5 juta dialokasikan untuk penggalian objek di tengah kebun sengon warga Dusun Sekarkrajan, Desa Gondangrejo, Kecamatan Gondangwetan.

“Sudah kami siapkan anggaran Rp 48,5 juta untuk ekskavasi di Gondangwetan,” kata Kabid Seni Budaya Disparbud Kabupaten Pasuruan, Nurul Hudayati, Rabu (22/1/2020).

Nurul mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim. Ekskavasi dilakukan pada April di saat berakhirnya musim hujan.

Baca juga:

Untuk Menurunkan Harga Gula Komisi B DPR D Jatim Minta segera Operasi Pasar

PR Besar Gubernur Jatim Menghadirkan Investor Untuk Jalankan Perpres No.80 2019
“Ekskavasi untuk memastikan apakah objek tersebut benar merupakan cagar budaya atau bukan. Jika nanti dipastikan objek cagar budaya, kami bersama BPCB akan melakukan langkah lanjutan,” terang Nurul.

Struktur batu bata diduga benda cagar budaya ditemukan di Dusun Sekarkrajan, Desa Gondangrejo, Senin (22/7) lalu. Tataan bata tersebut tertanam di dalam gundukan tanah besar yang selama ini ditanami pohon sengon.

Bata yang membangun struktur tersebut merupakan bata merah. Ukuran bata lebih besar dari bata yang digunakan saat ini. Susunan bata merah tersebut tertanam di bawah gundukan bukit kecil yang selama ini ditanami pohon sengon.

Tim dari Disparbud dan BPCB beberapa kali melakukan penelitian di lokasi. Dari hasil penelitian, struktur bata itu diduga kuat merupakan objek cagar budaya dan harus dilakukan ekskavasi untuk memastikannya. Karena keterbatasan anggaran ekskavasi diagendakan tahun ini.(cz/jos/dtk)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed