oleh

Dewan Kesenian Jatim Akan Gelar Seleksi Tari dan Drama Tari Se Jatim

Citizen.co.id Surabaya – Departemen Tari Dewan Kesenian Jawa Timur akan menggelar seleksi seni tari di Hotel Patria Kabupaten Blitar, mulai dari 19-20 Juni 2021.

Rencana kegiatan ini dikatakan oleh Koordinator Departemen Tari Dewan Kesenian Jatim, Siska Dona Miasari, . Ia menuturkan peserta akan dibuka secara umum, mulai dari komunitas seni, sanggar hingga para seniman sendiri.


Seleksi ini Dona tuturkan, berupa seleksi karya tari kontemporer dan drama tari Jawa Timur.

Komisi B DPRD Jatim Tolak Rencana Penutupan Pabrik Gula Swasta

Ini sosok Aminda yang Menjadi Kembaran Nagita Slavina di Youtube Rans

“Tari kontemporer disini mengangkat tari murni hasil karya sendiri yang bermuatan nila budaya lokal dan mengandung nilai foklor. Ini nanti mungkin per daerah kabupaten/kota ini mengirimkan salah satu hasil karya tari bisa berupa kontemporer bisa berupa drama tari yang dimiliki daerah tersebut,” kata Dona di ruangannya, Kamis (17/6/2021).


Lebih lanjut, Dona mengatakan, dari beberapa peserta yang mendaftar nantinya akan dilakukan proses penyeleksian dan diambil dua jenis karya yang nantinya akan ditampilkan di Jatim Art Forum. “Mana yang terbaik untuk kita suguhkan di Jatim Art Forum,”ujarnya.

Tidak hanya seleksi tari, dalam kegiatan tersebut juga akan diberikan edukasi dalam peningkatan SDM dalam dunia seni. Edukasi dan pengayaan kesenian akan diberikan Dewan Kesenian Jawa Timur demi menggali potensi skil peserta dalam menumbuhkan corak seni agar dipandang di dunia internasional.


“Jiwa kesenian ini harus kita lestarikan agar tidak punah, sekarang kan banyak kesenian kita mau di akui oleh negara lain. Hal tersebut menjadi tanggung jawab kita sebagai penerus bangsa dalam melestarikan budaya Indonesia, khususnya dibidang kesenian,” ujarnya.

Kemudian Wakil Sekretaris Bidang Program Nasar Al Batati menjelaskan, penyeleksian seni tari ini merupakan bagian dari tahapan persiapan pelaksanaan Jatim Art Forum yang nantinya akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Oktober 2021


Jatim Art Forum sendiri akan menyajikan beragam kesenian antara lain Musik, Teater, Film, Tari, Seni rupa dan Sastra. Kegiatan ini diselenggarakan di Komplek Taman Budaya Jawa Timur.

Pada tahun ini Jatim art Forum mengambil tema “Tumbuh Bersama” yang memberikan pesan kepada seniman, budayawan, dan pelaku seni agar bangkit, saling bergandengan tangan, dan tumbuh Bersama ditengah keterpurukan akibat pandemi covid-19. Harapannya Jatim Art Forum ini jadi Langkah awal bangkitnya dan tumbuhnya Kembali Kesenian di Jawa Timur” Tegasnya kepada kami.(cz/tok)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed