oleh

Desa Tambak Sari Salurkan Bantuan Tunai Langsung DD

citizen.co.id Sumenep – Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Tambaksari, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2020 kepada 59 warga setempat dari empat dusun.

Dengan hal tersebut, diperlukan kesiapan dan kesigapan Pemerintahan Desa (Pemdes) untuk segera mendistribusikan BLT-DD dimaksud secara tertib, adil, dan tepat sasaran.

Dalam Perpu Nomor 1 Tahun 2020 ditegaskan, pengutamaan penggunaan dana desa adalah dapat digunakan antara lain untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT- DD) kepada penduduk miskin di desa dan kegiatan penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Baca juga :

Sosok Kader Militan Penjaga NKRI

Pemerintah Putuskan Tidak Ada Perubahan Tahun Ajaran Baru 2020/2021

Pandemi Covid-19 Bikin Pemprov Jatim Gagap Hadapi “Force Major”

Atas dasar itulah Pemerintah Desa Tambaksari menyalurkan BLT-DD kepada 59 warganya yang kurang mampu dan kehilangan mata pencahariannya akibat wabah Covid-19.

“Penerima BLT-DD ini adalah warga kurang mampu yang kehilangan pekerjaannya akibat dampak Covid-19 dan yang belum tersentuh bantuan dari APBD atau APBN. Misalnya, penerima PKH, BPNT dan lainnya,” kata Sucipno selaku Kepala Desa Tambaksari saat diwawancarai, Kamis (19/6).

Lanjut pria yang sering dipanggil Jip ini menjelaskan, dari 59 penerima bantuan sudah melalui Musdes khusus, kemudian hasil musdes tersebut disetor untuk diverifikasi oleh tim di Kecamatan Rubaru untuk menghindari terjadinya kesalahan data.

“Jadi penerima Bansos BLT-DD ini adalah warga yang sudah tersaring dalam validasi dan finalisasi di musyawarah desa (Musdes), khusus tentang penetapan keluarga kurang mampu penerima BLT-DD,” jelasnya

Masyarakat yang menerima BLT-DD tidak menggunakan uang tersebut untuk membeli barang di luar kebutuhan pokok. tujuan pemerintah sudah jelas, memberikan bantuan itu untuk memberi kesejahteraan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Dengan adanya BLT-DD yang telah diberikan kepada masyarakat sebesar Rp.600 ribu, diharapkan digunakan dengan bijak untuk memenuhi kebutuhan pokok selama masa pandemi ini,” Tandasnya

Terpantau di lokasi penyaluran bantuan BLT-DD ini tampak formasi lengkap yakni Kepala Desa Tambaksari beserta Perangkat Desa, Camat Rubaru, Sekcam Rubaru, Pendamping Desa, Pendamping Kecamatan, Bhabinkamtibmas Desa Tambaksari dan Babinsa Koramil serta warga calon penerima BLT DD dalam rangka percepatan penanggulangan wabah Covid-19. (Cz/dayat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed