oleh

BI mencatat bahwa Kelompok Volatile Food (makanan) mengalami deflasi 1,23%

-NASIONAL-5 views

citizen.co.id Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat bahwa Kelompok volatile food (makanan) mengalami deflasi 1,23% (mtm) pada Juni 2021, menurun dari bulan sebelumnya yang tercatat inflasi sebesar 0,39% (mtm).

Perkembangan tersebut terutama didorong oleh penurunan harga komoditas aneka cabai, daging ayam ras, dan bawang merah sejalan normalisasi permintaan pasca-HBKN di tengah pasokan yang memadai.


“Secara tahunan, inflasi kelompok volatile food adalah sebesar 1,60% (yoy), lebih rendah dari inflasi bulan sebelumnya sebesar 3,66% (yoy),” ujar Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono, dalam siaran persnya, Selasa (06/07/2021).

Lambatnya Penanganan Covid-19, Anggota FPKB DPRD Jatim, Mas Atho Minta Pemprov Gencarkan Vaksinasi di Jatim

Sinergitas Forkopimda Sidoarjo untuk Sukseskan PPKM Darurat

Sementara kelompok administered prices pada Juni 2021 mencatat deflasi 0,21% (mtm). Angka ini menurun dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mengalami inflasi sebesar 0,48% (mtm). Perkembangan tersebut terutama dipengaruhi oleh penurunan tarif berbagai angkutan pasca-HBKN, khususnya angkutan udara, angkutan antarkota, dan kereta api.


“Secara tahunan, kelompok administered prices mengalami inflasi sebesar 0,49% (yoy), lebih rendah dari inflasi bulan sebelumnya sebesar 0,93% (yoy),” tuturnya.(cz/bel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed