citizen.co.id

Antisipasi Virus Corona, Politisi PKB Minta Pemprov Tutup Lokasi Wisata

citizen.co.id Surabaya – Politisi PKB Jawa Timur Ahmad Athoillah meminta Pemprov Jawa Timur untuk segera menutup tempat-tempat wisata sebagai bentuk langkah antisipasi persebaran virus corona atau covid-19.

Hal tersebut perlu dilakukan karana tempat wisata merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dan terjadinya kontak antar wisatawan tidak bisa dihindarkan, sehingga berpotensi besar terjadinya penyebaran covid-19.

“Jadi tidak hanya sekolah dan perkantoran yang diburkan, namun tempat wisata perlu ditutup total sementara,” ungkap anggota Komisi B DPRD Jawa Timur itu, Selasa (17/3/2020).

Pria yang biasa disapa Gus Atho’ tersebut menjelaskan bahwa penutupan tempat wisata akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat, utamanya untuk para pedagang yang berjualan di area wisata. Namun penutupan tempat wisata perlu dilakukan langkah antisipasi dan menghidari hal-hal yang tidak diinginkan, terjadinya penyebaran covid-19.

Baca juga :

Ngaji Tani 34 Provinsi Kawal KUR Rp 190 T

Do’a Tolak Bala’ Sembilan Kyai, Resepsi Harlah NU Ke-97 dan Haul Muasis Pejuang NU Jawa Timur

Jawa Timur Punya Segudang Destinasi Wisata Feeling Good

Akan tetapi, kata Politisi asal Jombang itu, jika penutupan total tempat wisata terpaksa tidak bisa dilakukan, tentu pemeritah provinsi atau kabupatan/kota untuk membatasi kapasitas jumlah pengunjung. “Kapasitas wisata dibatasi agar tidak berjubel dan tidak berdempetan untuk menghindari kontak langsung antar wisatawan,” ujarnya.

Ia menyarankan pihak pengelola wisata untuk melakukan tes suhu badan wisatan yang akan masuk tempat wisata, termasuk juga untuk menyediakan hand sanitizer disetiap sudut tempat wisata.

Selain itu, pengelola wisata juga diminta untuk melarang anak usia sekolah untuk masuk ke tempat wisata. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan kebijakan pemerintah meliburkan sekolah (belajar di rumah).

Covid-19 menjadi virus pandemik  yang mudah menular melalui orang yang telah terinfeksi covid-19. Penyakit dapat menyebar melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut ketika seseorang yang terinfeksi virus ini bersin atau batuk. Tetesan kecil tersebut jatuh pada benda dan tersentuh oleh orang lain juga dapat menularkan virus corona, sehingga persebarannya sangat tinggi.

Sebab itu, mas Atho’ menyarankan pemerintah untuk mendirikan posko tanggap covid-19 di tempat-tempat yang menjadi titik kumpul masyarakat. Sehingga warga bisa dengan mudah mendapatkan informasi dan cek kesehatan di posko tersebut jika ada tanda-tanda terserang covid-19.(cz/jos/bel)

 399 total views,  1 views today

One thought on “Antisipasi Virus Corona, Politisi PKB Minta Pemprov Tutup Lokasi Wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *