Agnez Mo Dilaporkan ke Polisi oleh Pencipta Lagu Ari Bias atas Dugaan Pelanggaran Hak Cipta

Jun 20, 2024 - 15:53
Agnez Mo Dilaporkan ke Polisi oleh Pencipta Lagu Ari Bias atas Dugaan Pelanggaran Hak Cipta
Penyanyi Agnez Mo

Jakarta - Pencipta lagu Ari Bias telah melaporkan penyanyi Agnez Mo ke polisi dengan tuduhan pelanggaran hak cipta. Laporan ini muncul setelah Agnez Mo diduga menyanyikan lagu "Bilang Saja," yang diciptakan oleh Ari Bias, tanpa izin dari pencipta lagu tersebut.

Kuasa hukum Ari Bias, Minola Sebayang, mengungkapkan bahwa laporan ini merupakan tindak lanjut dari somasi yang sebelumnya telah dilayangkan kepada Agnez Mo namun tidak direspons. Laporan tersebut disampaikan ke Bareskrim Polri pada Rabu (19/06/2024) malam.

"Ini adalah tindak lanjut dari konferensi pers yang kami adakan beberapa waktu lalu terkait pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh Agnez Mo. Dia membawakan lagu 'Bilang Saja' milik Ari Bias di tiga klub, yaitu di Surabaya, Bandung, dan Jakarta," ujar Minola, seperti diberitakan detikcom pada Kamis (20/06/2024).

Minola menjelaskan bahwa somasi yang telah dilayangkan tidak mendapatkan tanggapan dari pihak Agnez Mo, yang menurutnya menunjukkan kurangnya itikad baik dari penyanyi tersebut. Laporan pelanggaran hak cipta ini, lanjut Minola, sudah diproses dan akan segera selesai.

"Agnez Mo dilaporkan karena menggunakan lagu 'Bilang Saja' dalam konser langsung tanpa izin dari Ari Bias sebagai penciptanya dan tanpa lisensi dari lembaga resmi LMKN," kata Minola.

Biasanya, penyelenggara acara bertanggung jawab atas izin hak cipta dalam membawakan lagu. Dalam kasus ini, tiga klub di bawah jaringan HW Group yang mengundang Agnez Mo dianggap bertanggung jawab. Namun, Agnez Mo juga telah disomasi oleh Ari Bias terkait penampilannya di klub-klub tersebut.

CNNIndonesia.com telah menghubungi manajemen Agnez Mo untuk meminta tanggapan terkait laporan ini, namun belum mendapat jawaban.

Mengenai kemungkinan penyelesaian melalui restorative justice, Minola mengatakan mereka menunggu proses hukum yang berjalan dan melihat apakah pihak Agnez Mo menunjukkan niat untuk itu.

Ari Bias sebelumnya telah mengeluarkan somasi terbuka kepada Agnez Mo dan HW Group atas tuduhan pelanggaran royalti musik, menuntut denda penalti sebesar Rp1,5 miliar. Denda tersebut dihitung dari Rp500 juta untuk setiap kali Agnez Mo membawakan lagu "Bilang Saja" dalam tiga penampilannya di Jakarta, Bandung, dan Surabaya pada Mei 2023.