3 Sengketa Pilkada Jatim Telah Selesai, Pelantikan Segera Dilaksanakan

citizen.co.id Surabaya – Tiga sengketa Pilkada di Jawa Timur telah ditolak Mahkamah Konstitusi (MK). Pemprov Jatim memastikan 17 kepala daerah terpilih akan dilantik pekan depan.

“Dari informasi, tiga sengketa Pilkada sudah selesai di tingkat MK. Pelantikan rencananya pekan depan,” ujar Jempin Marbun, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Jawa Timur kepada detikcom, Kamis (18/2/2021).

Polri Soal Kompol Yuni Terjerat Narkoba : Kami Dalam Fakta Sebenarnya

Netizen ; Tak disangka Kelakuan Nissa Sabyan, Penampilan Rohani Kelakuan Roh Halus

“Pelantikannya sehari, di-split, tidak bertahap dua hari. Ya di antara tanggal 25 atau 26 Februari pelantikannya. Kita masih menunggu arahan Mendagri,” jelasnya.

Jempin menjelaskan, pihaknya belum tahu apakah proses pelantikan 17 bupati/wali kota terpilih akan digelar secara offline atau online. “Masih ditunggu instruksinya bagaimana. Namun untuk pelantikan, akan dilantik oleh Ibu Gubernur Jatim (Khofifah Indar Parawansa),” terangnya.

Ia menambahkan, masih ada dua kepala daerah yang belum bisa dilantik bulan ini. Yakni Bupati dan Wakil Bupati Tuban serta Bupati dan Wakil Bupati Pacitan.

“Tuban dan Pacitan sekitar Mei-Juni. Dikarenakan masa jabatan kepala daerahnya saat ini habis di bulan tersebut,” terangnya.

Dukung Merdeka Belajar, Billy Mambrasar Resmikan Pusat Inkubasi Bisnis Pertama di Universitas Teuku Umar, Aceh

Sengketa Tanah, Pembangunan Pasar di Batuan hanya Terlihat Pagar

Diketahui, di Jatim ada 19 Pilkada Serentak pada 2020. Yakni di Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Kota Pasuruan, Tuban, Sumenep, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Banyuwangi, Jember, Pacitan, Kabupaten Mojokerto, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, dan Situbondo.

Sebanyak 17 kepala daerah terpilih awalnya akan dilantik pada 17 Februari 2021. Sedangkan dua lainnya yakni Pacitan dan Tuban, pelantikannya sesuai akhir masa jabatan kepala daerah saat ini.(cz/bel)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*